Kamis, 01 Mei 2014

RESENSI BUKU BE A BRILLIANT WRITER





JUDUL BUKU            :  BE A BRILLIANT WRITER
PENULIS                    :  Afifah Afra
PENERBIT                 :  GIZONE BOOK Publishing
CETAKAN                  :  Pertama, 2011
TEBAL                          :  272 Halaman
ISBN                            : 978-602-8277-41-9

Buku ini  merupakan penyempurnaan dari buku sebelumnya How to be a Smart Writer yang selumnya tebalnya 233 halaman menjadi 272 halaman penambahan sekitar 49 halaman. Uraian pengalaman penulis yang telah lama terjun di dunia kepenulisan akan terekan indah di buku ini.

Dibuku Be A Brilliant Writer  di awal bab lebih banyak di fokuskan pada Motivasi menulis. Kemudian di Bab kedua kita akan lebih banyak mengetahui Rimba raya kepenulisan
Rimba Raya 1 : Mengenal jenis- jenis Wacana ( Deskripsi, Narasi, Ekposisi) disertai contoh contoh masing- masing
Rimba Raya 2 : Diksi, Gaya Bahasa dan Lokalitas
Rimba Raya 3 : Dunia Cerpen
Rimba Raya 4 : Dunia Novel
Rimba Raya 5 : Dunia Artikel, Esai dan Feature
Rimba Raya 6 : Resensi
Rimba Raya 7 : Jurnalistik
Rimba Raya 8 : Dunia Puisi
Rimba Raya 9 : Mempublikasikan karya
Rimba Raya 10  : Internet dan Urgensi buat Penulis

Ditutup dengan Writer-preneur bagaimana seorang penulis bisa menbuat penerbitan sendiri di awali dengan Mental Pebisnis,bagaimana prosese melahirkan sebuah buku, Menentukan harga buku, bagaimana memasarkan buku.

Motivasi dan contoh- contoh yang mudah di praktekkan  dalam  setiap bab sangat membantu Penulis untuk memulai karya dalam dunia kepenulisan .

Dari buku sebelumnya How to be a Smart Writer sangat saya sukai dari pada penyempurnaannya BE A Brilliant Writer, karna di buku HTBASW jenis kertasnya HVS dan Ilustrasi gambar lebih banyak.
Namun kedua buku yang saling berkaitan ini sangat membantu penulis untuk lebih menajamkan pena. Seperti Penuturan Mbak Afifah Afra yang menulis lebih 25 tahun dan menghasilkan buku puluhan judul buku pada inti nya jika ingin menjadi penulis harus terus menulis, menulis dan menulis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Mistikus Kasih Cerita Budaya yang bahagia

 Sang Mistikus Kasih, Sebuah Kumpulan Cerpen tema budaya yang membuat kita kaya dengan budaya Indonesia yang Indah Tabir kain berwarna kunin...