Kamis, 01 Mei 2014

AKU DAN 100 PENULIS ( BAG 4 )



BERSAMA SANG PROFESOR YANG PENUH KARYA



 Nama Lengkap beliau adalah Prof. Dr. Hasan Basri Jumin, M.Sc. Beliau adalah Guru besar Universitas Islam Riau ( UIR) beliau pernah menjadi Rektor dan sangat membuat banga, Beliau pernah menjadi Pembimbing I ketika saya menjadi Mahasiswa baik di S1 dan S2 di Universitas Islam Riau ( UIR)

Tampilan bapak ini sangat sederhana kebiasaan beliau memakai kemeja putih, walau pun beliau seorang rektor namun beliau tidak segan- segan menerima mahasiswa yang ingin di bimbingnya. bahkan ketika ada ujian sidang skripsi bapak ini mau berjalan kaki dari kantornya di rektorat lantai 4 menuju Fakultas Pertanian.

bahkan awalnya saya sempat kaget kalau bapak yang sering saya temui ketika Mata Pelajaran Ekologi Tanaman adalah seorang Rektor, Penyampaiannya yang lugas dan mudah di cerna.
Bahkan beliau tidak segan- segan memberi nilai A kepada mahasiswanya yang tulisannya terbit di Media.

Bapak yang lahir di Danau Bingkuang Kampar ini, merupakan Puak Melayu yang selalu memberikan kembangaan buat negeri walau beliau sekarang telah berdomisili di Jerman tetap membangakandi bidang Ilmiah baru- baru ini saya baca di sebuah Majalah lokal beliau baru menerbitkan buku  Plant Genetic Resources - A Review; Biotechnology In Citrus Relatives (Sumber Genetik Tanaman- Sebuah review: Bioteknologi Citrus Relative  (jeruk) setebal 126 halaman terbitan Lambert Academic Publoishing (LAP) ISBN 978-3-659-49656-1. Harga buku tersebut dijual sebesar 55,9 Euro (setara dengan Rp. 700.000) per eksemplar. secara ringkas buku tersebut membahas permasalahan memperbaiki kualitas genetik tanaman  jeruk terkait  panjangnya masa muda (juvenile) untuk dapat disilangkan dengan kerabatnya yang mengandung gen penyumbang (insersi gen) guna  memperbaiki karakter genetic jeruk manis. Gen penyumbang itu diperoleh dari kerabat jeruk yang belum dibudidayakan atau dengan kata lain citrus relatives. Sumbangan gen  itu dilakukan dengan cara persilangan alamiah antara jeruk manis dengan salah satu kerabat liarnya tadi (citrus relatives). Tetapi persoalan yang dihadapi adalah lamanya waktu untuk tersedianya serbuk sari (pollen grain) dari citrus relatives.    Terbitnya buku ini menjadi bukti dan kebanggaan bahwa anak jati Melayu Riau mampu berkarya di bidang ilmiah yang cukup diperhitungkan di dunia. Sebelumnya, Pak Hasan Basri Jumin  telah menerbitkan tak kurang dari tujuh buku ilmiah di bidang pertanian dan sains yakni : Dasar-dasar Agronomi, Agroekologi, Genetika, Rekayasa Genetika dalam Pandangan Islam, Studies on Somatic Embryogenesis and in vitro flowering of citurs relative), Mencari Keadilan dalam Pendidikan, Etika dalam Tadbir Urus Pembangunan (UUM, Malaysia) dan terakhir buku Sains dan Teknologi dalam Islam: Tinjauan Genetis dan Ekologi.

Prof. Hasan Basri Jumin yang meraih gelar Ph.D (doctor) di bidang Bioteknologi dan Breeding di Kagoshima University, Jepang tahun 1997. Pernah mengikuti training dan membentang makalah di sejumlah negara antara lain Inggeris, Jerman, Turki  dan Jepang sendiri. Selama dua tahun menjadi Profesor Tamu di Universiti Utara Malaysia. Karya-karya ilmiahnya dimuat di berbagai jurnal internasional.

Semoga nanti banyak Prof-prof seperti Dosen saya Prof Hasan Basri Jumin yang terus berkarya namun tetap bersahaja. trimakasih pak atas ilmu yang sudah bapak tularkan walau saya tidak lagi berkecimpung di dunia pertanian, insyaAllah saya akan tetap mengikuti jejak bapak untuk menjadi Penulis yang mencerdaskan.. Semoga Allah membalas ilmu yang bapak berikan menjadi Amal yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Mistikus Kasih Cerita Budaya yang bahagia

 Sang Mistikus Kasih, Sebuah Kumpulan Cerpen tema budaya yang membuat kita kaya dengan budaya Indonesia yang Indah Tabir kain berwarna kunin...