Rabu, 30 April 2014

Resensi Buku How To Be A Smart Witer



JUDUL BUKU             :  HOW TO BE A SMART WRITER
PENULIS                    :  Afifah Afra
PENERBIT                 :  Indiva Media Kreasi
CETAKAN                  :  Kedua, 2007
TEBAL                         :  233 Halaman
ISBN                            : 978-979-15953-2-1

 Walau buku ini sudah cetak kedua tahun 2007 namun saya mendapatkan buku ini pada tanggal 4 Desember 2009  namun saya sangat menyayangi buku-buku yang saya peroleh dari menyisihkan uang gaji saya yang pada saat itu hanya cukup untuk kebutuhan sehari- hari.

Cover nya kren karna mengambarkan isi nya yang berkaitan dengan Motivasi menulis, diawali dengan kisah masa kecil nya penulis yaitu mbak Afifah Afra sampai proses kreatif nya mbak Afifah afra menghasilkan puluhan buku yang penuh makna.

Dibuku ini terdapat  IX Bab yang akan membuat mata kita tidak akan berhenti di satu bab saja bahkan kita digiring untuk menyelesaikan setiap bab nya untuk melakukan kegiatan- kegiatan yang menunjang kepenulisan itu sendiri.
Bab I sampai Bab IX itu adalah : 10 Alasan mengapa saya menulis, Warming Up ala Penulis, Seribu Ide dalam Sehari?, Mengenal Jenis- Jenis wacana, Menulis cerpen, Menulis Novel, Menulis Artikel, Mempublikasikan Karya, Bikin Penerbitan sendiriWhy Not ?.

Penulisan buku ini runut dan sistematis serta mengajak pembacanya untuk mengikuti langkah – langkah suksesnya di setiap akir Bab, seperti di Bab I . 10 Alasan mengapa saya menulis.
1.      Ingin Pintar
2.      Berdakwah lewat Pena
3.      Berpikir lebih Sistematis
4.      Memperoleh Kepuasan Batin
5.      Mengendalikan Emosi
6.      Ekspresi Empati dan Pembelaan
7.      Awet Muda
8.      Ingin Banyak Teman
9.      Ingin Mendapat penghasilan
Sayang nya alasan ke 10 tidak ada , namun setelah membaca Alasan- alasan ini pembaca juga di harapkan berpikir untuk membuat alasan mengapa ingin menulis, dilanjutkan dengan bagaimana menyemagati diri untuk tetap menulis dengan beberapa cara diantaranya :
a.       Melatih Kreativitas agar kita tidak staqnan
b.      Banyak membaca menjadi tenaga dalam menulis
c.       Rajin Menulis Diary dapat melatih Sense of Art dalam berolah kata
d.      Berkorespondesi dapat dimanfaankan sebagi sumber ide
e.       Senang berdiskusi dapat membantu kita melihat dari berbagai sudut pandang.
f.       Lihatlah lebih dekat berbagai peristiwa
g.       Tetaplah enjoy dalam menulis.

Di Bab III begitu banyak ide- ide yang bisa kita gali
Di dua bab terakhir Bab VIII dan Bab IX merupakan tahap- tahap Publikasi dari usaha- usaha penulisan yang sudah kita buat di bab- bab sebelumnya serta di sertai beberapa Penerbit dan Alamatnya.

Buku ini sangat di butuhkan bagi para pembaca yang ingin menulis dan tulisan di buku ini tidak mengurui namun memberikan contoh dan pengalaman penulis yang sudah banyak menulis dan menerbitkan buku.


Saya sangat beruntung pada tanggal 3 Mei 2010 Allah mempertemukan saya dengan Penulis ini pada acara Forum Lingkar Pena di Kota Pekanbaru  tepatnya di Ruang Auditorium Suman HS Universitas Islam Riau.



Resensi ini di serta kan dalam  INDIVA READERS CHALLENGE 2014!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Mistikus Kasih Cerita Budaya yang bahagia

 Sang Mistikus Kasih, Sebuah Kumpulan Cerpen tema budaya yang membuat kita kaya dengan budaya Indonesia yang Indah Tabir kain berwarna kunin...