Kamis, 06 Oktober 2011

Negeri Aman di Tepi Lautan


Negeri aman di Tepi lautan yang berada di Sumatra Barat merupakan Pesona indah penyejuk mata ini lah sekilas mengenai kota Padang Pariaman Merupakan Salah Satu Kabupaten yang terluas di Sumatra Barat dengan luas 7,413 km2, dengan 15 kecamatan dan 313 desa. Namun karena terjadi Gempa pada tanggal 30 September 2009 sebesar 7,6 SR ada 3 desa yang terkubur jadi tanah sehingga jumlah desa yang ada di Padang Pariaman telah berkurang.
Semoga Allah menerima segala kebaikan Saudara – saudara di Ranah Minang dan Keluarga yang ditinggalkan tetap semangat menjalani hidup ini.
Di Kota Pariaman ini yang terkenal adalah objek wisata Pantainya dan makanan tepi Pantai yang Lezat sekali.

Ä   Pantai Gondoriah
Pantai Gondoriah ini terletak di Tengah Kota Pariaman dan dipantai ini kita bisa memuaskan selera makan kita dengan makananan Tepi pantai. Dan yang paling terkenal adalah Nasi Sek (Nasi yang dibungkus dengan daun Pisang, waktu saya kesana dulu harganya masih seratus dan sekarang sudah seribu, Sek itu dulu singkatan dari Seratus Kenyang, Sekarang Mungkin Seribu Kenyang kali ya)
Pada wisata kuliner di tepian pantai Gondoriah ini kita akan menemukan Salalauak yang terbuat dari tepung beras dan di isi ikan di bulat- bulatkan seperti bola rasanya gurih banget. Trus ada Gulai Kepala Ikan Laut terasa nikmat di lidah apalagi jika menikmati makannya di tepian Pantai makanannya sangat enak karna hembusan angin pantai yang berhembus menambah nikmatnya makan.
Di pantai ini ada juga tempat mainan anak- anak berupa mobil- mobilan balap atau main seluncuran kayak di Taman kanak- kanak juga ada.
Sembari Menikmati pesona alam yang memukau, kita juga bisa melaksanakan Ibadah Sholat dengan nyaman karena mesjidnya tak jauh dari pantai.
Tak jauh dari pantai Gondoriah jika kita ingin melanjutkan perjalanan kekota Padang kita juga bisa naik dari sini dengan mengunakan Kereta api.

Ä   Pantai Kata
Pantai kata merupakan pantai yang eksotik, Hamparan Air yang terbentang dengan riak – riak gelombang yang  menghempas menambah indahnya pantai ini.  Hamparan Pinus yang berjejer di Sepanjang pantai memberi nilai lebih pada pantai ini. Dan jika inggin mencari Kerang atau pernak pernik laut kita bisa kita lihat di pingiran pantai tentu mata harus jeli melihatnya karena sudah mulai langkanya pernak- pernik tersebut.
Ä   Tabuik
Tabuik merupakan salah satu Ritual yang ada di Kota ini yang diadakan setiap tahun baru islam atau pada bulan Muharam, ritualnya dengan membawa Patung menyerupai buraq dan di buang kelaut. Dan biasanya pada saat acara tabuik ini sangat lah ramai sekali untuk melihat prosesi yang dilakukan setahun sekali.

Ä   Lubuk Bonta
Objek Wisata Lubuk Bonta yang terletak di Korong Tarok Kanagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 lingkung Kayu Tanam Padang Pariaman menghantarkan kita pada panorama alam yang begitu mengesankan, lokasi ini tak jauh dari Jalan Negara Padang Bukittingi sehingga sangat Mudah di Jangkau
Menikmati suasana alam yang asri di Lubuk bonta membuat kita ingin berlama- lama di dalamnya, suara gemercik air seakan- akan memangil kita untuk menari bersamanya
Sekarang kawasan ini di jadikan kawasan Agrowisata, di daerah ini di kembangkan budidaya buahan seperti Salak Pondoh, Buah Naga dan komoditi ungulan lain, jadi setelah puas mandi- mandi di Kawasan lubuk bonta lalu kita bisa beli buah yang rasanya manis dan lezat di kawasan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Mistikus Kasih Cerita Budaya yang bahagia

 Sang Mistikus Kasih, Sebuah Kumpulan Cerpen tema budaya yang membuat kita kaya dengan budaya Indonesia yang Indah Tabir kain berwarna kunin...